Flash

Permasalahan Sebagai Konsumen

Customer mempunyai hak untuk mendapatkan layanan yang baik dari pihak produsen. Sebagai contoh saya akan menceritakan pengalaman sebagai konsumen.

Kualitas Produk yang buruk
Dari seluruh produk CD dan DVD yang sudah di rilis tidak ada yang benar kualitasnya. Mulai dari masalah chasing CD sampai kualitas rekaman yang buruk hingga CD/DVD tersebut tidak nyaman untuk di dengarkan. Sampai pada kualitas rekaman yang sehingga CD/DVD tersebut sangat tidak nyaman untuk didengarkan di telinga terutama bila menggunakan speaker atau headphone yang cukup bagus kualitasnya untuk mendengar detail dari lagunya.

Pelayanan Manajemen Yang Kurang Baik
Pada awalnya saya tidak terlalu mempermasalahkan hal ini, tapi ternyata banyak customer merasakan buruknya pelayanan dan kualitas pada barang yang mereka beli. 

Komplain dari Fans/kosumen dianggap angin lalu, promosi dan jualan jalan teruswalaupun quality control mereka masih sangat parah sehingga DVD-DVD yang rusak masih terus tersebar di pasaran, sehingga merugikan banyak konsumen yang sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membelinya. 

Customer adalah pelanggan yang katanya adalah raja. Tapi yang terjadi, para pelanggan ini malah di perlakukan kurang ramah oleh para penjual barang /jasa yang seharusnya memperlakukan para pelanggan ini dengan baik. Apabila terjadi kesalahan sehingga para pelanggan ini tidak mendapat hal yang seharusnya menjadi hak mereka, malah mereka yang disalahkan oleh penjualnya.

Solusi
Melihat kasus di atas sebaiknya kita (Customer) lebih berhati-hati dalam membeli produk yang di tawarkan. Agar tidak terjadi komplain, sebaiknya periksa kondisi barang yang akan dibeli apakah dalam kondisi baik atau bermasalah. Jika terlanjur membeli barang yang bermasalah, customer berhak komplain/minta ganti rugi atas barang yang telah dibeli. Jika komplain tidak mendapat respon dari pihak produsen, customer bias melakukan tuntutan secara hukum. Dengan begitu konsumen berharap pelayanan akan menjadi lebih baik dan memuaskan, customer juga bisa membelanjakan uang mereka di produk dan layanan produsen secara lebih nyaman dan menyenangkan.