Flash

Open Services Gateway Initiative (OSGI)



Definisi OSGi

Open Services Gateway Initiative (OSGi) merupakan kerangka atau framework java yang digunakan untuk mengembangkan dan menerapkan module perangkat lunak dan library. OSGi adalah sebuah proyek bersama yang didirikan oleh Ericsson, IBM, Oracle dan Sun dalam bentuk framework guna mengumpulkan komponen fungsional dalam membentuk suatu program.

OSGi memiliki 2 buah bagian, bagian pertama adalah perincian atau spesifikasi untuk komponen modular atau disebut bundel (bundle) dan biasa juga disebut sebagai plug-in. Bagian kedua adalah Java Virtual Machine (JVM) level layanan registry dan bundel tersebut dapat digunakan untuk mempublikasikan, menemukan dan mengikat ke layanan dalam arsitektur berorientasi layanan.

Jadi dapat disimpulkan penjelasan mengenai OSGi adalah sebuah sistem dan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan dan berbasis komponen platform terintegrasi. Teknologi OSGi menyediakan sebuah service-oriented, lingkungan yang berbasis komponen untuk pengembang dan menawarkan jalan standard untuk mengatur siklus hidup software. Contohnya adalah Eclipse IDE yang dikembangkan oleh eclipse dan berbasis GUI.

Spesifikasi OSGi

OSGi spesifikasi yang dikembangkan oleh para anggota dalam proses terbuka dan tersedia untuk umum secara gratis di bawah Lisensi Spesifikasi OSGi. OSGi Alliance yang memiliki kepatuhan program yang hanya terbuka untuk anggota. Pada Oktober 2009, daftar bersertifikat OSGi implementasi berisi lima entri.

Spesifikasi OSGi dikembangkan oleh para anggota dalam proses terbuka dan tersedia untuk publik secara gratis di bawah Lisensi Spesifikasi OSGi. The Alliance OSGi memiliki kepatuhan program yang hanya terbuka untuk anggota. Pada November 2010, ada tujuh bersertifikat OSGi kerangka implementasi . Sebuah halaman terpisah daftar baik bersertifikat dan non-bersertifikat Implementasi Spesifikasi OSGi, yang meliputi kerangka OSGi dan spesifikasi OSGi lainnya.

Kerangka OSGi adalah sistem modul dan layanan platform untuk Java bahasa pemrograman yang menerapkan lengkap dan dinamis model komponen , sesuatu yang seperti tahun 2012 tidak ada di Jawa standalone atau VM lingkungan. Aplikasi atau komponen (datang dalam bentuk dari bundel untuk penyebaran) dapat jarak jauh diinstal, mulai, berhenti, diperbarui, dan dihapus tanpa memerlukan restart, pengelolaan paket Jawa atau kelas ditentukan dengan sangat rinci. Aplikasi manajemen siklus hidup (start, stop, install, dll) dilakukan melalui API yang memungkinkan untuk remote download dari kebijakan manajemen. Registri layanan memungkinkan berkas untuk mendeteksi penambahan layanan baru, atau penghapusan layanan dan beradaptasi sesuai.

Arsitektus OSGi













Definisi arsitektur OSGi
  • Bundles adalah bundles adalah komponen OSGi yang dibuat oleh pengembang atau developer.
  • Services adalah lapisan service yang menghubungkan bundles dalam sebuah jalan dinamik dengan menawarkan model publish-find-bind untuk objek Java yang lama.
  • Life Cycle adalah API yang digunakan untuk menginstall, memulai, menghentikan, update dan menguninstall bundles.
  • Modules adalah lapisan yang menjelaskan mengenai bagaimana bundles dapat mengimport dan mengexport kode.
  • Security adalah Lapisan yang memegang aspek keamanan.
  • Execution Environment adalah menjelaskan class dan method apa yang ada di platform.

Referensi :
http://oetaribudhi.blogspot.co.id/2015/01/osgi-open-service-gateway-initiative.html

http://nurulnorri.blogspot.co.id/2014/01/penjelasan-singkat-tentang-open.html